~ korea – Pernah gak sih kamu nongkrong sama temen tapi datang terlambat? Namun saat kamu datang suasananya malah terlihat murung dan sedih. Lalu kamu mencoba untuk mencairkan suasana dengan memberikan rekomendasi lagu DJ Funkot, tanpa kamu mengetahui apa yang baru saja terjadi. Namun teman-temanmu hanya memandangimu dan seperti sinis.

Tiba-tiba salah satu temanmu berkata \”Ibunya Ahmad terkena Kanker, dan Ahmad akan sibuk merawat ibunya dirumah sakit\”. Awalnya kamu yang ingin mencairkan suasana justru malah membuat suasana tambah canggung.

Kamu tidak salah terlambat mengetahui informasi, tapi kamu bisa menambah masalah dengan tidak peka terhadap situasi. Nahh kamu gamau kan hal itu terjadi kepadamu? Makannya disini mimin mau ngasih tau salah satu trik atau mungkin bisa disebut seni.

Ada satu seni yang berasal dari Korea, seni ini dianamakan Nunchi yang memiliki arti \”Tilikan mata\” atau juga sebuah teknik untuk menilai dan membaca pikiran serta situasi orang lain. Dan membuat kita bisa lebih peka dengan situasi sekitar.

Mengutip gramedia.com ada 8 aturan dasar yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti yang ada dalam buku karya Euny Hong yang berjudul “The Power of Nunchi: The Korean Secret to Happiness and Success“. Simak aturan-aturan tersebut dibawah ini:

1. Kosongkan Pikiran

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengosongkan pikiran dari berbagai prasangka terhadap seseorang atau sesuatu.

BIsa dimulai dari memejamkan mata dan memusatkan perhatian pada pernafasan sebelum memasuki ruangan, hingga mengingatkan kita untuk berdiam diri di ruangan, saat pikiran mulai kemana mana. Tetap tenang dan kuasailah pikiranmu.

2. Sadarilah Efek Pengamat

Dalam dunia kuantum ada konsep yang dinamakan efek pengamat, yang menyatakan kita mengubah banyak hal hanya dengan mengamatinya.

Hal yang sama juga berlaku bagi kita saat sedang berada dalam suatu ruangan. Kita bisa mengubah suasana hanya dengan berada dalam ruangan tersebut. Daripada membuat keributan pertama-tama hormatilah ruangan yang baru kamu masuki. Aturan ini selaras dengan aturan pertama yaitu kosongkan pikiran dan amati sekelilingmu.

3. Bila kamu baru saja tiba di sebuah ruangan, ingatlah bahwa semua orang sudah berada disana lebih lama daripada kamu

Bersikap sebagai pribadi yang selalu waspada serta adaptif dengan apa yang sedang terjadi disekitar. Perhatikan mereka untuk mengumpulkan informasi.

Memiliki Nunchi yang cepat artinya mampu membaca situasi apa yang sedang terjadi di ruangan itu begitu kita tiba, dan menajamkan insting kita, karena segalanya bisa terus berubah.

4. Jangan lewatkan kesempatan tutup mulut

Kalo kamu mau sabar menunggu, sebagian besar pertanyaanmu akan terjawab dengan sendirinya tanpa kamu bertanya. Percaya atau tidak, bahwa kita akan lebih banyak belajar dengan cara menyimak dan mendengarkan ketimbang banyak berbicara.

Hal ini selaras dengan Hukum kekuasaan nomor 4 “Senantiasalah berbicara lebih sedikit daripada yang diperlukan”. Karena semakin banyak kamu berbicara maka semakin besar juga kemungkinan kamu berbicara hal yang konyol.

Maka dari itu sabarlah, tetap tenang, dan beri ruang agar jawaban yang dicari mendekatimu.

5. Tata krama ada karena suatu alasan

Satu aturan penting dalam hal tata krama dan nunchi, adalah tata krama untuk membuat semua orang merasa nyaman. Memberitahu orang lain secara lantang tentang apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan saat pertemuan di meja makan bukanlah nunchi yang baik.

6. Bacalah apa yang tersirat

Orang tidak selalu mengatakan apa yang mereka pikirkan, dan itu adalah hak mereka.

Belajarlah membaca apa makna yang tersirat dari diamnya seseorang. Karena tidak semua orang nyaman berkomunikasi secara to the point

7. Jika kamu melakukan kesalahan secara tak disengaja, terkadang itu sama buruknya dengan kesalahan yang sengaja kamu lakukan

Jika kamu tak sengaja melakukan kesalahan, dampaknya terkadang sama dengan kesalahan yang disengaja. Oleh karena itu, buatlah temanmu merasa nyaman, Hindari prasangka tak berdasar kepada temanmu. Jika kamu salah menanggapi, tidak perlu terlalu cemas. Namun ingat satu hal \”makin sedikit yang kamu katakan, maka semakin mudah pula diperbaiki\”.

8. Jadilah orang yang gesit

Kemampuan bertahan hidup bukan milik orang yang kuat, namun milik dia yang peka dan cepat beradaptasi dengan perubahan lingkungan sekitar.

Sama seperti perasaan seseorang yang gampang berubah, karena itu Jadilah orang yang peka dan juga harus cepat beradaptasi dengan perasaan seseorang.

Penutup

Nahh gimana nihh seni yang satu ini menurut kalian? worth it ga untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari? Kalo menurut mimin sihh worth it banget, karena dengan seni ini kita jadi bisa lebih peka terhadap orang lain dan malah bisa membuatnya nyaman berada di dekat kita. Cocok juga nih ilmu kayaknya nihh buat pacar kalian yang ga peka mwehehe.

Oke sekian artikel tentang seni nunchi, jangan lupa cek artikel lainnya di website ini. See you next time.

One thought on “Nunchi, Seni membaca pikiran dari Korea”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *