Pembuka

Memiliki banyak teman mungkin adalah salah satu impian banyak orang. Tidak bisa dipungkiri walaupun kamu seorang yang introvert namun tetap saja membutuhkan seseorang sebagai tempat ngobrol dan berbagi cerita. Ingat yaa seseorang, bukan bantal anime:/

Namun kenapa sih kita harus memiliki seorang teman? Menurut oriflame.com pertemanan membantu kita dalam mengatasi rasa stres serta membantu memulihkan berbagai masalah kesehatan dengan cepat. Selain itu menghabiskan waktu dengan teman juga dapat membuat penampilan lebih baik dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun yang menurut mimin paling penting adalah bisa pinjam seratus:v mwehehe.

Lalu bagaimana sih cara agar memiliki banyak teman? Nahh disini mimin mau ngasih beberapa tips untuk memulai pertemanan. Mau tau apa saja tipsnya? Okee langsung aja mimin kasih tau tips-tips memulai pertemanan.

Tips untuk mendapatkan teman

1. Kurangi berbicara perbanyak mendengar

Ternyata aturan Nunchi satu ini memang sangat penting digunakan, sudah pernah mimin bahas di website ini juga yang berjudul 8 aturan dasar Nunchi.

Tapi kenapa sih saat berteman lebih baik mendengarkan ketimbang banyak bicara? Hal ini sangat penting untuk kamu yang ingin memulai pertemanan dengan orang lain. Karena belum tentu orang lain nyaman diajak banyak berbicara. Namun sebaliknya, kebanyakan orang lebih suka didengarkan daripada mendengarkan. Cobalah belajar untuk membaca situasi kapan harus mendengarkan dan kapan harus berbicara.

Kurangi banyak bicara, karena bisa saja kamu salah bicara dan malah membuat hati lawan bicaramu tersinggung. Seperti yang kita tau, kita akan lebih banyak belajar saat mendengarkan ketimbang saat berbicara.

2. Jangan mudah tersinggung dan menyinggung

Yang kedua ini masih ada kaitannya dengan tips nomer 1. Ya benar, di tips kedua ini kita berperan sebagai seorang pendengar yang baik dan tidak mudah tersinggung. Belajarlah untuk mengontrol emosi dalam diri sendiri. Jangan sampai perbuatanmu merugikan diri sendiri. Tetap tenang dan biarkan pikiran positif terus mengalir dalam otakmu.

Begitupun sebaliknya saat kita berbicara, cobalah memilih kata-kata yang baik untuk mengurangi kemungkinan menyinggung lawan bicara. Karena tidak semua orang bisa mengontrol emosi dengan baik.

3. Rendah hati dan murah senyum

Aura positif adalah salah satu hal yang membuat kamu didekati oleh orang lain, entah karena kebaikan hati ataupun murah senyum. Orang akan senang berada di dekat mereka yang baik. Pergunakanlah kesan pertama dengan bijak. Jangan sampai orang lain menjauhimu hanya karena kamu tidak memiliki senyum. Kurang senyum kadang bisa dianggap juga sebagai orang yang sombong dan tidak memiliki empati.

Jadi dalam tips ketiga ini pergunakan first impression atau kesan pertama dengan baik, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan yang sudah ada di depan mata.

4. Belajar membaca situasi dengan baik

Lagi-lagi seni Nunchi berperan penting dalam memulai pertemanan. Saat kamu berada dalam kumpulan/ nongkrong dengan orang baru, biasakan untuk lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara. Bacalah situasi dengan baik. Selalu waspada dan adaptif dengan situasi. Ingat bahwa orang-orang disitu sudah bersama sejak lama dibandingkan kamu.

Kumpulkan informasi dan pikirkan 2x saat kamu mau berbicara. Berbicara secukupnya saja, karena bukan kamu yang memiliki kuasa disitu.

5. Ringan tangan memberi bantuan

Orang baik adalah orang yang langka, apalagi yang mau menolong dalam kondisi apapun. Manusia menyukai hal-hal yang baik, termasuk juga kemurahan hati. Membantu orang lain tidak akan merugikanmu, justru malah membuatmu terlihat hebat dimata orang lain.

Bantuan tidak melulu tentang uang, kamu bisa membantu dengan tenaga. Tanpa kamu sadari, bantuan sekecil apapun akan selalu dikenang oleh orang. Dan mungkin saja akan menghasilkan timbal balik yang positif.

6. Jadikan dirimu sebagai parameter bertindak kepada orang lain

Tips ke 6 ini adalah tata krama yang penting, namun masih banyak orang yang meremehkan. Yang dimaksud disini menjadikan dirimu sebagai parameter terhadap orang lain adalah dengan cara jangan melakukan perbuatan kepada orang lain yang kamu tidak ingini terjadi pada dirimu sendiri. Contohnya seperti, jika kamu tidak mau dibully oleh orang lain maka kamu juga jangan membully orang lain. Contoh lain yang sering terjadi adalah jangan mengejek orang lain jika kamu tidak mau diejek balik.

Tips ini mengajarkan kamu untuk mengontrol tindakan dengan dirimu sendiri sebagai acuannya. Jika kamu sudah bisa mempraktekan tips ke 6 ini maka kamu juga bisa mempraktekan semua tips diatas.

Penutup

Nahh jadi seperti itu sedikit tips yang bisa mimin bagikan ke kalian. BTW mimin sendiri juga sudah pakai tips ini dari lama sehingga mimin juga merasakan dampaknya sendiri. Dan menurut mimin semua tips diatas sangat worth it untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian dulu dari Mimin, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian. See yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *